Join The Community

Search

Senin, 31 Januari 2011

Kediri Punya UB di Plosoklaten

Universitas Brawijaya akan bangun kampus di Kediri

MALANG: Universitas Brawijaya siap ekspansi ke Kabuputen Kediri dengan menggandeng Pemkab setempat  untuk menyediakan lahan seluas 14 hektare di kawasan PT  Perkebunan Nusantara (PTPN) XII)   Ploso Kidul Kecamatan Plosoklaten.
Menurut Pembantu Rektor (PR) II Universitas Brawijaya (UB) Warkum Sumitro, pihaknya akan  segera merealisasikan pembangunan kampus UB Kediri. “Kami sudah siap membetuk tim kecil guna melakukan studi kelayakan yang meliputi animo calon mahasiswa dan kelayakan wilayah,” ujarnya, Rabu (29/12)
Studi tersebut, kata dia, penting untuk memperoleh izin dari Dikti Kemdiknas RI serta rekomendasi studi kelayakan.  Saat ini, lanjut dia, Pemkab Kediri membutuhkan kepastian terkait pendirian kampus UB Kediri tersebut.
Pemkab, tambahnya,  sudah menyediakan lahan seluas 14 hektare  dengan status  hak pinjam pakai. Bagi pemerintah daerah, kata Warkum pendirian kampus Brawijaya merupakan investasi besar untuk meningkatkan ekonomi serta mencerdaskan masyarakat.
Apalagi pendirian kampus di Kediri ini cukup strategis sejalan dengan rencana pembangunan bandara dan jalan tol yang melintas antara Mantingan (Solo) – Mojokerto. Selain lahan, pemkab juga siap melakukan studi kelayakan pada 2011 mendatang.
Studi kelayakan dinilai bermanfaat untuk pembahasan teknis lebih jauh dan menyelaraskan proyek terkait lainnya. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur penunjang yang dikemas dalam pembangunan Sentra Bisnis Distrik (SBD).
Proyek tersebut meliputi jaringan jalan, listrik dan jembatan. Dengan harapan untuk ke depannya  SBD tersebut dapat menjadi pusat kegiatan bisnis dan perdagangan yang berjarak 5-10 km dari kampus maupun Bandara. Sebagaimana dilaporkan saat ini pemda juga sedang merencanakan pembangunan Bandara di kawasan Plosoklaten.(dw)

sumber radar kediri

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...